Konkep Hari Guru

Antisipasi Bencana Karhutla, TNI latih Babinsa

0 70

Kendari, MCN – Bencana kebakaran hutan dan lahan saat ini menjadi topik bahasan secara nasional. Pemerintah pusat sudah menginstruksikan agar semua elemen sosial maupun unsur berperan aktif dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Dasar itu, Kodim 1417/Kendari melibatkan 50 personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) pada Latihan Penanggulangan Bencana Alam dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Latgulbencal Karhutla).

Para Babinsa tergabung dalam 300 personil gabungan TNI Polri dan sejumlah instansi terkait. Pembukaan acara berlangsung di Korem 143/Ho Kendari, Kamis (31/10).

Dandim 1417/Kendari Kolonel Inf Drs Alamsyah mengatakan, pelibatan 50 personil Babinsa karena dinilai sangat berperan penting ketika terjadi bencana alam, kebakaran hutan maupun lahan di wilayah binaan masing-masing.

“Melalui latihan ini akan meningkatkan skill babinsa dalam menghadapi situasi bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan,” kata Dandim.

Pelatihan ini, lanjut dia, bukan saja fokus pada pada penanggulangan bencana, tetapi juga memberikan edukasi terkait tahapan penanganan korban bencana mulai proses evakuasi hingga perawatan pengungsi.

“Latihan terpadu penanggulangan bencana alam dan karhutla berlangsung selama lima hari dari 28 Oktober hingga 2 November 2019,” ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan pelatihan itu adalah Danrem 143/HO, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, perwira Kodam XIV/Hasanuddin, dan Perwira jajaran Korem 143/Ho diantaranya Dandim 1417/Kendari Kolonel Inf Drs Alamsyah, Pabandia Puan Ter Kodam XIV/Hsn Letkol Inf Agus dan Komandan Yonif 725/Woroagi Letkol Inf Hendry Ginting.

Sementara itu babinsa Koramil 07 Wawotobi Serda Arfan memberikan apreasiasi positif terhadap berlangsung kegiatan pelatihan itu. Dengan bekal pengetahuan dari hasil pelatihan sangat membantu tugas-tugas Babinsa dalam merespon cepat kasus bencana kebakaran hutan maupun lahan. (*)

Reporter : Juhartawan

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.