Aset Konkep Belum Sepenuhnya Terinventarisasi

0 59

Langara, MCN – Aset daerah Kabupaten Konawe Kepulauan hingga kini belum terinventarisasi seluruhnya.

Selain karena faktor Kabupaten Konkep merupakan hasil lintasan pemekaran kabupaten Konawe, juga disebabkan masih adanya oknum yang sampai saat ini belum mengembalikan aset daerah meski tidak lagi menjabat.

Menyikapi hal tersebut, Pemda Konkep bakal segera melakukan penataan ulang terkait pengelolaan aset daerah yang belum terinventarisasi itu.

Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Konkep, Mahmud mengatakan, sejak terbentuk medio 2013 silam, tidak bisa dipungkiri bahwa persoalan aset daerah Konkep, masih menjadi permasalahan yang sampai sekarangpun belum bisa teratasi sepenuhnya.

“Terhitung enam tahun kabupaten Konkep berdiri, tentu masih menyisahkan beban ataupun kondisi yang perlu diusahakan agar lebih tertib. Terkait aset misalnya, karena berbagai penyebab tadi sehingga membutuhkan proses yang cukup panjang untuk menginventarisasinya dengan baik,” ungkapnya, disela kegiatan Seminar Akhir Penilitian Kebutuhan, Inventarisasi, Penghapusan Serta Pengembangan, Pemanfaatan dan Pengendalian Aset, di Aula Bupati setempat, Selasa (29/10).

Mahmud menceritakan, ditahun kepemimpinan para Penjabat (Pj) Bupati Konkep, banyak aset-aset yang melekat dibagian umum khususnya Rumah Jabatan (Rujab) bupati tidak terinventarisi dengan baik.

Pria yang juga Ketua Pengcab Perbakin Konkep itu berharap, melalui seminar tersebut, kuasa pengguna barang dilingkup setda Konkep dapat berkontribusi positif dalam menyelesaikan polemik yang ada di setda khususnya di bagian umum.

“Tentu polemik terkait penertiban aset ini, menjadi evaluasi kami, karena secara teknis akan lebih mempermudah proses inventarisasi aset kedepan. Terlebih, mengenai tata kelola aset ini, sedapat mungkin bermuara pada regulasi jikalau kemungkinan ada penghapusan barang dan membebani neraca kita akan lebih baik dihapus saja,” tuturnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.