Konkep Unjuk Produk Kuliner Unggulan di HPS

0 97

Langara, MCN – Iven nasional memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) pada bulan November 2019 di Sultra jadi momen khusus bagi semua kabupaten atau kota menampilkan masing-masing produk unggulan.

Kabupaten Konawe Kepulauan juga tak mau ketinggalan. Kendati masih berusia muda, daerah itu pun sudah mulai mempersiapkan berbagai produk unggulan daerah yang akan dipamerkan di acara HPS nanti.

Kadis Ketahanan Pangan Konkep, Muhammad Yusuf mengatakan, Pemerintah daerah setempat sudah berulang kali menggelar pertemuan guna memutuskan produk unggul daerah, khususnya sejumlah ikon kuliner daerah tersebut.

“Yang akan kami tampilkan itu bukan sekadar produk jadi tetapi juga bahan bakunya. Semuanya khas hasil industri olahan rumah tangga masyarakat Konkep,” ungkapnya, Rabu (23/10).

Produk olahan makanan itu berupa  Stick Teripang, Cumi-cumi kering, Sirup Pala, Abon Jambu Mente dan lainnya. Partisipasi andil Pemerintah Konkep itu adalah bagian bentuk apresiasi kreatif masyarakat petani dan nelayan di wilayah itu.

“Kedepan kami berharap akan banyak banyak inovasi makanan atau minuman olahan yang bisa dibuat masyarakat dengan menggunakan segala potensi sumberdaya alam kita sendiri,” tuturnya.

Langkah itu pula, kata dia, sebagai momen promosi hasil industri rumahan masyarakat pada masyarakat Sultra maupun luar Sultra. Sehingga membuka ruang adanya pasar-pasar baru bagi hasil kreativitas masyarakat Konkep.

Menurut rencana penyelenggaraan HPS di Sultra akan dibuka Presiden RI Joko Widodo yang hadir didampingi sejumlah menteri kabinet baru Indonesia Maju. (*)

Reporter : Kardin

Editor : Johartawan

 

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.