Lembaga Pemantau Siap Kawal Pilkada Koltim

KIPP Sultra Siap Kawal Tahapan Pilkada Koltim

0 96

Tirawuta, MCN – Sejumlah lembaga pemantau secara resmi menyatakan siap mengawal proses pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Kolaka Timur.

Ketua Divisi Teknis KPU Koltim, Anhar menuturkan, sejauh ini sudah ada dua lembaga pemantau telah mendaftar secara resmi yaitu, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) dan JaDI Sultra.

“Dua lembaga ini sudah menyerahkan dokumen pensyaratan dan sisa kami menunggu kelengkapan syarat lainnya sesuai ketentuan yang ada,” tutur Anhar, Senin (2/12).

KPU sendiri, lanjutnya, memberikan apresiasi terhadap kehadiran unsur lembaga pemantau di pilkada. Tidak hanya turut mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan pilkada, tetapi juga dapat memberikan pencerahan pada masyarakat demi kesuksesan pilkada.

“Kami pasti dan supoort kehadiran lembaga pemantau. Apalagi kiprah mereka sudah cukup teruji di berbagai pesta politik seperti pemilu baru-baru ini,” katanya.

Sementara itu Ketua KIPP Sultra, Muhammad Nasir menegaskan, lembaganya tidak hanya ingin terlibat pemantauan di Pilkada Koltim, tetapi enam daerah yang berpilkada juga menjadi titik pantau.

“Sesuai regulasi, yah kami harus daftar resmi di KPU setempat. Jadi berbagai kegiatan kami di lapangan sudah pasti memiliki legalitas kuat. Peran pemantau tidak cuma mengawasi, tetapi juga memberikan pendidikan politik pada masyarakat,” tegasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan pengalaman selama ini, masalah paling krusial dalam pilkada adalah tindak pelanggaran konstitusi berupa dugaan money politic dan netralitas ASN. (*)

Reporter : Juhartawan

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.