Lima Raperda Inisiatif Dewan Masuk Tahap Penyusunan NA

0 100

Langara, MCN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Kepulauan tengah melakukan penyusunan Naskah Akademik (NA) terhadap lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang merupakan inisiatif dewan.

Lima raperda tersebut yakni tentang Kabupaten Layak Anak (KLA), Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan, Pengendalian dan Pengawasan Produksi Peredaran Penjualan Minuman Keras Beralkohol.

“Dua lagi, raperda tentang Kepemudaan dan Pembinaan Jasa Konstruksi,” tutur Sekretaris DPRD Konkep, Rijal, saat membuka Seminar Penyusunan Naskah Akademik Raperda KLA, di Aula DPRD setempat, Kamis (5/12).

Rijal menjelaskan, dalam penyusunan naskah akademik ini, Sekretariat DPRD melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari (LPPM-UHO). Juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Bagian Hukum.

“Melalui kesempatan yang berbahagia ini, kita bersama memberikan masukan sekaligus tanggapan, kritikan, apa-apa yang ada dalam draf yang akan kita jadikan sebagai kajian akademik dalam penyelesaian perda kita,” ungkapnya.

Rijal juga berharap, pengkajian perda tersebut betul-betul dilakukan berdasarkan mekanisme dan aturan tata cara pelaksanaan produk aturan itu sendiri. Serta mengedepankan pengetahuan, pengalaman dan asas manfaat.

“Yang jelas muara dari penyusunan naskah akademik ini adalah bagaimana perda yang dihasilkan menjadi kompoten dan memberi legitimasi hukum yang kuat dalam pelaksanaan nantinya,” tutupnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.