Konkep Hari Guru

Proyek Nasional Rambah Infrastruktur Konkep

0 98

Langara, MCN – Tahun 2020 pemerintah pusat sudah mulai menyokong peningkatan kualitas infrastruktur Kabupaten Konawe Kepulauan. Teranyar informasinya soal rencana kucuran dana APBN sebesar Rp 10 miliar.

Dana sebesar itu guna mendukung pembangunan jalan sepanjang 25, 84 km menghubungkan Jalan Poros Langara-Bobolio. Semula jalur rute Pelabuhan Langara menuju Pelabuhan Sawaea tersebut masuk status jalan provinsi.

“Namun pemerintah pusat sudah menggadang jalan tersebut akan dinaikkan statusnya menjadi jalan nasional. Total panjang jalan sebenarnya 35,85 km. Dari Pelabuhan Langara ke perkantoran ada dua jalur. Di Bobolio sama ada dua jalur juga,” ungkap Kabid Bina Marga Dinas PU Konkep, Unang Sulaeman, Rabu (27/11).

Dia mengatakan, Jalan Poros Langara – Bobolio itu kini statusnya masih bersifat jalan nasional strategis karena legalitas hukumnya dari pemerintah pusat belum keluar. Penetapannya secara teknis sudah masuk syarat sebagaimana ditetapkan Bappenas yaitu dinilai mendukung target pembangunan nasional.

“Jadi di situ ada tol laut. Pelabuhan Sawaea nanti akan menghubungkan Pelabuhan Buton. Jadi ada koneksi antar kabupaten dalam satu provinsi. Kelak orang Buton di Konkep mau pulang kampung bisa langsung tanpa mesti lewat Kendari lagi,” terangnya.

Karena jalur Poros Langara – Bobolio sudah dicover anggaran APBN, maka pemerintah provinsi mengalihkan dana pembangunan jalur tersebut ke pembangunan jalan Poros Wawobili – Tumburano sepanjang 17, 35 km.

Sebelumnya, jalan provinsi telah melakukan pengaspalan di jalan Lampeapi – Wungkolo. Kini pengaspalan berlanjut dari jalan Poros Lampeapi menuju ke Langara sejauh 1 Km.

Kunjungan BPJN Sultra

Terpisah, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Sultra bersama Bupati Konkep Amrullah meninjau lokasi proyek jalan dan jembatan di sejumlah wilayah Konkep seperi Desa Wungkolo, Pelabuhan Sawaea dan lainnya.

Kepala BPJN Sultra, Yohanis Tulak Todingrara mengatakan, peninjauan fokus ke titik lokasi pembangunan jalan dan jembatan yang menggunakan dana APBN. (*)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.