Tahapan Pilkada Konkep Dimulai

0 142

Langara, MCN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar sosialisasi awal sebagai bentuk dimulainya serta dikenalkannya sejumlah tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Konkep tahun 2020 mendatang.

Selain mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilkada, KPU juga menyampaikan perihal pencalonan yang dikhususkan untuk jalur perseorangan.

“Jadi peserta sosialisasi ini, kita undang perwakilan partai politik, Bawaslu, Kesbangpol, Disdukcapil, TNI, Polri serta stake holder pemilu lainnya di Konkep. Turut hadir juga Komisioner KPU Sultra Al Munardin,” ungkap Anggota KPU Konkep Divisi Teknis Penyelenggaraan, Badran usai kegiatan sosialisasi di Aula Rapat KPU setempat, Rabu (04/12).

Lanjut Badran, sebagai tahap awal, sosialisasi masih dilakukan di ibukota kabupaten kemudian pasca launching pilkada akan dilanjutkan ke masyarakat.

“Untuk seluruh tahapan pilkada telah diatur diperaturan KPU No. 16 Tahun 2019 tentang tahapan penyelenggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Lusa (Tanggal 6 -red), kita akan tindaklanjuti terkait pengumuman jalur perseorangan,” tutupnya.

KPU Konkep Umumkan Jadwal dan syarat Bacabup Jalur Perseorangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah mengumumkan jadwal dan syarat penyerahan dokumen dukungan bagi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Konkep jalur perseorangan dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang.

“Pengumumannya dari tanggal 3 – 16 Desember. Penyerahan dokumennya mulai dibuka tanggal 19 – 23 Februari 2020. Dokumennya diantar langsung di Kantor KPU Konkep, Kompleks TPI Langara Kecamatan Wawonii Barat,” tutur Ketua KPU Konkep, Iskandar, Selasa (3/12).

Ketua KPU Kabupaten Konawe Kepulauan, Iskandar Azis. (Foto : IST)

Iskandar menjelaskan, pengumuman persyaratan jalur perseorangan ini serentak dilakukan KPU seluruh Indonesia.

Mengenai persyaratan, Ia menuturkan, sesuai Keputusan KPU Konkep bernomor: 218/PL.02.2-Pu/7412/KPU-Kab/XII/2019 tertanggal 3 Desember 2019, jumlah minimum dukungan bagi pasangan calon perseorangan yakni mendapat sebanyak 2.527 dukungan dari masyarakat Konkep.

“Setiap satu pendukung, mengisi formulir B.1.1-KWK yaitu surat pernyataan dukungan, kemudian lampirannya dengan menempel fotocopi KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Dinas Capil setempat,” katanya.

“Tanda tangan pendukung tidak perlu dibubuhi materai, dan dukungan itu dikelompokkan dalam wilayah desa atau kelurahan,” terangnya.

Selain itu, Bacabup dari jalur perseorangan juga harus mengisi formulir lainnya yakni Model B.1-KWK yaitu Surat pernyataan paslon dan model B.2-KWK yaitu rekapitulasi jumlah dukungan.

“Kami berharap dengan diumumkan syarat perseorangan ini ke publik, masyarakat yang berminat maju dalam Pilkada Konkep 2020 bisa segera menyiapkan berkasnya,” tandasnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Facebook Comments

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.